Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Perawatan Kesehatan Pencernaan

Tips Perawatan Kesehatan Pencernaan - Banyaknya makanan siap saji (fast food) saat ini membuat para konsumen lebih memilih makanan fast foot yang dinilai lebih prakis dan terjangkau, selain itu untuk mendapatkannya sangat mudah karena banyak di berbagai outlet yang menjual. Mengkonsumsi makanan siap saji secara berlebihan tidaklah di anjurkan untuk kesehatan tingginya kadar lemak dan kurangnya serat dapat menimbulkan berbagai penyakit misal gangguan pencernaan.

Tips Perawatan Kesehatan Pencernaan

Pencernaan sangat sensitif kaitannya dengan jenis makanan dan minuman yang kita konsumsi, tak hanya makanan dan minuman saja yang dapat mempengaruhi tapi juga pola dan gaya hidup kita. Pada artikel akan membahas tentang tips perawatan kesehatan perut/pencernaan yang mudah dan simple untuk dilakukan. 

- Makan makanan tinggi serat

Makanan dengan kandungan tinggi serat dapat kita ketahui pada buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian dan sayuran. Makanan berserat mampu memudahkan jalannya peredaran saluran pencernaan sehingga dapat mengurangi resiko sembelit. Makan makanan tinggi serat selain dapat melancarkan saluran pencernaan juga dapat membantu mencegah atau mengobati wasir, sindrom iritasi usus besar dan juga membantu mempertahankan berat badan ideal.

- Kurangi makan makanan berlemak

Terlalu banyak mengkonsumsi makan makanan yang berlemak dapat menghambat proses pencernaan. Mengkonsumsi makanan berlemak haruslah di imbangi dengan makanan tinggi serat yang dapat membantu memudahkan pada sistem pencernaan.

- Makan teratur

Tak jarang dari mereka usia muda banyak yang terserang maag akibat dari pola makan yang tidak teratur. Tubuh haruslah mengkonsumsi makanan disaat yang tepat yaitu pagi, siang dan sore menjelang malam. Oleh sebab itu perlu di biasakan untuk mengatur pola makan yang sehat dan teratur, seperti sarapan di pagi hari, karena kebiasaan dari mereka tidak sempat meluangkan waktu untuk sarapan akhirnya yang terjadi gangguan pencernaan ikut terganggu.

- Memilih daging tanpa lemak

Makan serat saja tidak seimbang maka perlu di imbangi dengan protein agar dapat membantu dan merawat kesehatan pencernaan. Pilihlah daging tanpa lapisan lemak atau daging unggas tanpa kulit karena lemak dalam daging dapat menyebabkan ketidaknyamanan pencernaan.

- Cukupi asupan cairan

Cairan dalam tubuh berperan penting tidak hanya untuk meningkatkan kosentrasi tapi juga untuk melarutkan lemak tubuh dan serat larut sehingga memudahkan proses pencernaan untuk melaluinya.

- Menambahkan probiotik

Probiotik adalah bakteri baik bagi usus, yang membantu menyeimbangkan ekosistem dalam tubuh terutama saluran pencernaan. Probiotik secara alami dapat di temukan dalam makanan fermentasi dan susu termasuk yogurt, keju cottage, buttermilk, kecap, tempe dll.

- Menghilangkan kebiasaan buruk

Kebiasaan merokok, mium minuman keras, kopi dan minuman beralkohol lainnya secara berlebihan dapat menyebabkan masalah seperti jantung, ulkusus, maag dan penyakit dalam lainnya. 

- Rutin berolahraga

Tak hanya mengatur pola makan namun melakukan kegiatan seperti berolah raga akan sangat bermanfaat untuk tips perawatan kesehatan perut/pencernaan, karena mengatur pola makan saja tak cukup untuk menjaga kebugaran tubuh, lakukan olahraga teratur selama seminggu. Selain itu berolahraga secara teratur dapat membantu mempertahankan berat badan ideal dan sehat.

- Mengelola stres atau kecemasan dengan baik 

Terlalu sering mengalami stres atau kecemasan dapat menurunkan daya tahan tubuh sehingga berpengaruh pada pencernaan yang kurang baik, lakukan kegiatan yang dapat membuat tingkat stres atau kecemasan menurun karena tidak hanya dari raga saja yang perlu di perhatikan tapi juga jiwa yang sehat. 

Gangguan pencernaan umum di temukan hampir kebanyakan manusia namun apabila tidak di tangani akan menjadi akibat yang serius, perlunya perbaikan pola makan dan gaya hidup yang sehat dimulai dari sekarang. Demikian Tips Perawatan kesehatan perut/pencernaan semoga bermanfaat.

1 comment for "Tips Perawatan Kesehatan Pencernaan"

  1. Semoga Artikel yang berisi Tentang Informasi Tips Perawatan Kesehatan Pencernaan ini dapat bermanfaat.

    ReplyDelete