Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Perawatan Kesehatan Tulang

Tips Perawatan Kesehatan Tulang - Tulang merupakan salah satu bagian tubuh yang penting dan harus dirawat. Tulang memiliki fungsi diantaranya untuk memberikan kekuatan tubuh, melindungi organ internal, menyokong dan menegakkan tubuh. Jika kita tak punya tulang pasti kita tak akan bisa berdiri. Allah maha besar dan sebagai hamban-Nya kita wajib bersyukur dengan kesempurnaan yang telah diberikan.

Tips Perawatan Kesehatan Tulang

Semakin bertambahnya umur seseorang, maka kesehatan akan semakin berkurang khususnya pada tulang. Bahkan akhir-akhir ini marak dengan sosialisasi kesehatan tulang yang ditujukan untuk muda maupun lansia. Ada beberapa kelainan tulang yang akan menganggu aktivitas kita sehari-hari seperti osteoporosis, tulang keropos, patah tulang, kanker tulang, tulang retak, keseleo, flu tulang. Tips Perawatan Kesehatan akan memberikan beberapa tips tentang perawatan kesehatan tulang. 

Berikut ini adalah 10 tips yang dapat dilakukan untuk merawat kesehatan tulang :

1. Konsumsi makanan berkalsium tinggi. Kalsium bagi tulang memiliki beberapa manfaat diantaranya untuk menjaga kekuatan tulang dan juga mampu mengoptimalkan proses pertumbuhan pada tulang. Bagi Anda agar tetap bisa menjaga kesehatan tulang, maka konsumsi makanan yang mengandung kalsium tinggi seperti susu, keju, sayur-sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, salmon, tahu, tempe, susu kedelai. 

2. Hindari minum-minuman bersoda karena minuman ini terdapat kandungan fosfor yang berlebihan yang bisa berdampak pada keroposnya tulang. Selain itu hindari minum kopi dan teh, selain itu jauhi minum-minuman alkohol dan kegiatan merokok karena bisa merusak tulang. 

3. Berolahraga secara aktif. Kegiatan ini dapat dilakukan pada waktu pagi dan sore hari dengan aktivitas ringan seperti jalan santai. Kegiatan ini bermanfaat untuk menguatkan otot. Sehingga akan mencegah terjadinya osteoporosis.

4. Bangun pagi dan berjemur dibawah terik matahari. Pagi hari merupakan waktu yang tepat untuk memperoleh sinar matahari yang kaya akan vitamin D. vitamin D bermanfaat untuk kesehatan tulang. Kegiatan ini dapat dilakukan selama 15 menit berjemur dibawah terik matahari, sehingga akan mengurangi resiko terkena patah tulang. 

5. Rutinlah bergerak sehingga akan melemaskan persendian tulang seperti bergerak dengan kegiatan berjalan, berolahraga, naik-turun tangga, dan sebagainnya.

6. Duduk dengan posisi yang baik dan benar. Permasalahan tulang banyak terjadi seperti pegal-pegal tulang, hal ini dikarenakan posisi duduk yang tidak benar. Apabila hal ini berlangsung terus-menerus maka tulang belakang akan mengalami gangguan, sehingga akan sering merasakan nyeri punggung. 

7. Jangan membawa barang terlalu berat. Nah ini sering dilakukan pada siswa-siswi yang terlalu banyak membawa barang perlengkapan sekolah bahkan semua buku diktat ditaruh dalam tas heheheee. Jika terlalu berat akan mempengaruhi kesehatan tulang, bahkan tulang belakang akan menjadi tidak normal karena tidak sanggup menahan beban berat. 

8. Jangan terlalu sering membungkuk. Nah bagi anda yang memiliki tinggi badan yang tinggi jangan di biasakan jika berdiri dan duduk untuk membungkuk. Hal ini akan mempengaruhi kesehatan tulang, terutama tulang belakang. 

9. Tidur menggunakan kasur yang nyaman. Pasti anda sering merasakan jika habis tidur badan anda merasa pegal-pegal. Hal ini dikarenakan posisi tidur yang salah dan kasur yang keras tidak empuk. Untuk itu usahakan tidur dengan posisi kasur yang nyaman dan empuk, untuk menjaga kesehatan tulang. 

10. Konsumsi suplemen untuk kesehatan tulang. Salah satu untuk merawat kesehatan tulang sering-seringlah untuk mengonsumsi vitamin serta suplemen yang dapat merawat kesehatan tulang. 

Dari beberapa tips perawatan kesehatan tulang tersebut lakukan yang menurut anda mudah. Menjaga kesehatan tulang dapat dimulai dengan melakukan beberapa kebiasaan kecil ini. Jangan pernah malas untuk melaksanakannya, Yang murah aja bisa membuktikan kesehatan tulang, Kenapa pilih yang mahal? maka dari itu mulai dari sekarang kita harus merawatnya. 

Nah, terus kepoin dongs tentang tips perawatan kesehatan tulang dengan mudah agar kamu bisa mendapatkan informasi tentang kesehatan tulang. Apabila masih ada yang kurang tentang informasi ini lakukan hal-hal selanjutnya yang menurutmu bisa membantu menjaga kesehatan tulang. Cukup sekian info yang saya berikan. Terimakasih telah membacanya dan semoga bermanfaat.

1 comment for "Tips Perawatan Kesehatan Tulang"

  1. Semoga Artikel yang berisi Tentang Informasi Tips Perawatan Kesehatan Tulang ini dapat bermanfaat.

    ReplyDelete