Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Perawatan Kesehatan Paru - Paru

Tips Perawatan Kesehatan Paru - Paru - Paru - paru merupakan organ tubuh penting yang terletak didalam dada yang melakukan peran dalam sistem pernafasan. Paru-paru sangat penting bagi tubuh manusia, karena salah satu fungsi paru-paru adalah memasukkan oksigen dengan menyebarkan kedalam darah saat menghirup udara dan mengeluarkan karbondioksida ketika menghela napas. Penyakit paru-paru berkembang semakin meningkat bahkan sampai menyebabkan kematian. Penyakit paru-paru yang dapat menyebabkan kematian diantaranya kanker paru-paru, TBC, flek paru-paru dan lain-lain. 

Tips Perawatan Kesehatan Paru-paru
Ada beberapa faktor yang menyebabkan fungsi paru-paru diantaranya : pertama usia dimana selama proses penuaan terjadi penurunan kapasitas paru-paru, penurunan elastisitas alveoli. Kedua jenis kelamin dimana ukuran anatomi paru-paru laki-laki lebih besar dibandingkan dengan perempuan dan aktivitas laki-laki lebih tinggi sehingga recoil dan compliance paru sudah terlatih. Dan ketiga adalah tinggi badan dan berat badan dimana seseorang yang memiliki tubuh tinggi memiliki ventilasi paru-paru lebih tinggi. Oleh karena itu kita harus waspada terhadap kesehatan paru-paru mulai dari sekarang. Tips Perawatan Kesehatan akan memberikan penjelasan mengenai beberapa tips perawatan kesehatan paru-paru. 

Ada 10 tips perawatan kesehatan paru-paru diantaranya :

1. Hindari merokok 

Rokok termasuk salah satu penyebab kesehatan paru-paru menjadi terganggu karena didalam rokok mengandung nikotin yang bersifat racun yang ikut larut kedalam darah dan bisa menghambat aliran darah. Bagi perokok aktif akan mengalami resiko dalam kesehatan paru-paru namun yang beresiko tertinggi terhadap penyakit paru-paru akan terjadi pada perokok pasif . 

2. Olahraga teratur 

Dengan menjalankan olahraga secara teratur maka kita akan mencegah dampak negatif dari penyakit paru-paru. Dengan berolahraga maka metabolisme dalam tubuh bekerja secara lancer, selain itu memperlancar peredaran darah. Sehingga berdampak positif terhadap kesehatan paru-paru anda. 

3. Hindari tempat berasap dan jagalah kebersihan

Polusi udara salah satu penyebab penyakit paru-paru. Bagi anda jika tidak menginginkan kesehatan paru-paru anda terganggu sebaiknya jika bepergian dan harus mengendarai sepeda motor, pakailah masker untuk mencegah paparan pulusi udara secara langsung. Selain itu kita harus menjaga kebersihan secara teratur pada tempat yang berpotensi menyimpan debu, seperti tempat tidur dan sofa. karena tempat tersebut terdapat kuman dan bakteri penyakit. 

4. Menjaga berat badan 

Kelebihan berat badan atau sering disebut obesitas dapat memicu timbulnya penyakit tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, jantung, dan paru-paru. Badan yang besar akan mempengaruhi kerja paru-paru, karena seseorang yang memiliki berat badan besar memiliki ventilasi paru-paru lebih tinggi sehingga membutuhkan oksigen lebih banyak. 

5. Hindari stress

Bagi anda demi menjaga kesehatan paru-paru hindari berbagai masalah yang sedang menempa anda yang bisa membuat stress. Berusahalan untuk menanggapi masalah dengan pikiran yang tenang dan nyaman. Dengan begitu paru-paru anda akan terasa sehat. 

6. Bernafas dengan hidung

Hindari bernafas dengan mulut bagi anda yang sering melakukannya dan biasakanlah bernafas dengan hidung sehingga udara kotor yang masuk akan tersaring dengan bulu hidung dan udara yang masuk didalam tubuh menjadi bersih. 

7. Hindari minuman beralkohol 

Minuman beralkohol berdampak negatif bagi kesehatan paru-paru karena dapat meningkatkan tekanan darah yang dapat memecah pembuluh darah. 

8. Makan-makanan bervitamin C

Salah satunya dengan makan-makanan bervitamin C karena bisa menjaga kesehatan paru-paru dengan meringankan kinerja paru-paru secara optimal. 

9. Minum air putih secukupnya

Minumlah air putih sehari 8 gelas karena air putih mengandung oksigen yang membuat paru-paru bekerja secara optimal. Selain itu, air putih berfungsi untuk membersihkan lendir atau kotoran yang ada di paru-paru. 

10. Mengkonsumsi makanan sehat 

Mengkonsumsilah makanan sehat dan makanan yang mengandung antioksidan tinggi sehingga akan menyehatkan paru-paru anda. Jangan makan-makanan yang mengandung lemak terutama lemak jenuh yang berdampak negatif pada kesehatan paru-paru. 

Cukup sekian informasi yang saya berikan tentang beberapa tips perawatan kesehatan paru-paru semoga bermanfaat dan selamat untuk menjalankan program kesehatan paru-paru demi menjalankan kehidupan sehat. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

1 comment for "Tips Perawatan Kesehatan Paru - Paru "

  1. Semoga Artikel yang berisi Tentang Informasi Tips Perawatan Kesehatan Paru-paru ini dapat bermanfaat.

    ReplyDelete