Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Perawatan Kesehatan Ginjal

Tips Perawatan Kesehatan Ginjal - Ginjal merupakan salah satu dari beberapa organ vital dalam tubuh yang memilki fungsi sebagai sistem ekskresi pada manusia. Ginjal terletak di dalam tubuh pada bagian belakang perut atau abdomen. Posisinya berada pada bagian sebelah kanan dan juga kiri tulang belakang, di bawah organ hati dan limpa. Organ ginjal memilki bentuk yang hampir mirip dengan kacang dan memilki sisi cekung yang mengarah ke dalam. Satu organ ginjal pada manusia memiliki ukuran panjang sekitar 10 cm dan kisaran berat lebih dari 200 gram.

Tips Perawatan Kesehatan Ginjal

Ginjal memilki peran yang sangat penting dalam mengatur keseimbangan asam-basa, mengatur tekanan darah, merangsang sumsum tulang untuk membuat sel darah merah, dan membantu mempertahankan kalsium pada tulang. Oleh karena itu, ginjal memilki peran yang sangat penting dan harus dijaga kesehatannya. Karena apabila ginjalnya tetap terjaga kesehatannya maka sisa metabolisme dan cairan berlebih yang dapat menjadi racun bisa dikeluarkan dan tubuh akan tetap sehat. Jadi untuk merawat ginjal agar tetap sehat bisa dengan mengikuti tips perawatan kesehatan ginjal. Dan sebenarnya semua harus tau cara dan pola hidup untuk menjaga ginjal agar ginjal tetap alam keadaan sehat dan berfungsi dengan baik. Berikut adalah tips perawatan kesehatan ginjal :

1. Dengan mengatur pola makan 

Mengatur pola makan merupakan tips yang paling ampuh untuk menjaga dan merawat kesehatan ginjal. Yaitu dengan memilih makan-makanan yang sehat seperti, sayur-sayuran, buah-buahan yang ditanam dengan pupuk organik, mengurangi konsumsi garam yang berlebih, dan memilih mengkonsumsi ikan atau daging putih yang tanpa lemak.

2. Menjaga berat badan

Menjaga berat badan sangat penting apalagi sampai berat badan bisa berlebih (obesitas) yang sangat tidak baik untuk kesehatan karena organ tubuh akan bekrja lebih keras untuk mengikis tumpukan lemak pada tubuh. Dan juga dengan meningkatnya berat badan akan berpengaruh pada ginjal yang lama kelamaan akan membuat kinerjanya menjadi semakin lemah.

3. Aktif bergerak

Ginjal bisa dijaga dengan cara yang mudah yaitu kita harus aktif bergerak dilarang untuk bermalas-malasan. Karena dengan menggerakkan badan akan berpengaruh bagi kesehatan tubuh.

4. Minum air putih

Untuk menjaga dan merawat kesehatan ginjal sebaiknya harus minum air putih yang cukup, yaitu 6-8 gelas dalam sehari.

5. Menjauhi alkohol dan menghindari rokok

Tembakau, rokok dan juga alkohol merupakan penyebab utama terserang berbagai penyakit yang mengerikan utamanya ginjal akan rusak.

6. Mengontrol tekanan darah

Penyakit ginjal dapat dipicu karena tekanan darah yang tinggi.

7. Menghindari setres

Seseorang yang setres akan membuat tekanan darah menjadi tinggi, jika tekanan darah tinggi maka akan berisiko terserang penyakit ginjal akan menjadi lebih besar.

8. Rajin berolahraga

Untuk menjaga kesehatan ginjal kita bisa melakukan setiap hari yaitu dengan berolah raga, seperti jalan kaki atau berlari pagi.

9. Menghindari beberapa obat antibiotic dan anti nyeri

Dengan sering mengkonsumsi obat antibiotic dan anti nyeri dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal. Alangkah baiknya jika mau mengkonsumsi obat sebaiknya konsultasi terlebih dulu kepada dokter atau spesialis.

Penjelasan diatas merupakan tips perawatan kesehatan ginjal, dengan adanya informasi diatas maka dapat disimpulkan bahwa gaya hidup sehat sangat penting untuk dijadikan sebuah kebiasaan. Dengan menjaga gaya hidup sehat sebenarnya tidak hanya ginjal saja yang akan sehat dan dapat berfungsi optimal tapi juga seluruh organ tubuh lainnya yang harus dijaga agar tetap sehat.

1 comment for "Tips Perawatan Kesehatan Ginjal"

  1. Semoga Artikel yang berisi Tentang Informasi Tips Perawatan Kesehatan Ginjal ini dapat bermanfaat.

    ReplyDelete