Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Perawatan Kesehatan Kepala

Tips Perawatan Kesehatan Kepala - Banyak tips dan cara mudah perawatan kesehatan kepala yang sudah tersebar di internet. Memiliki kulit kepala yang sehat merupakan salah satu idaman semua orang, terutama bagi kaum wanita, karena dengan memiliki kulit kepala yang sehat maka dengan sendirinya dapat memiliki rambut yang sehat, indah, lebat serta bebas dari ketombe. 

Memiliki rambut yang sehat merupakan asset yang tidak ternilai harganya, jenis tatanan rambut biasanya mencerminkan karakter si pemiliknya. Namun saat ini, sebagian besar orang tidak memiliki keinginan dan kepedulian terhadap pentingnya menjaga kesehatan kulit kepala, karena dianggap bahwa merawat kulit kepala tidaklah penting. 

Jika memiliki kulit kepala yang tidak di rawat dengan baik, maka kemungkinan timbul berbagai masalah di kepala juga banyak, seperti ketombe, gatal-gatal, jamur, rontok, dan berminyak. Sehingga tak jarang lagi jika seseorang merasa terganggu dengan keadaan tersebut.

Cara Mudah Tips Perawatan Kesehatan Kepala

Berbagai macam penyebab pengelupasan kulit kepala, salah satunya yaitu kekurangan nutrisi, kulit kepala mengalami dehidrasi. Penyebab pengelupasan kulit kepala bisa diketahui berdasarkan ciri-ciri yang ditimbulkan. Apabila kulit kepala sering terasa gatal karena ketombe, berarti kulit kepala tersebut dalam kondisi yang sangat berminyak. Oleh karena itu, diperlukan tips perawatan kesehatan kepala agar kulit kepala tetap sehat.

Melakukan keramas secara rutin merupakan tips perawatan kesehatan kepala yang pertama. Keramas merupakan hal penting dan dikategorikan mudah untuk dilakukan untuk merawat kesehatan kulit kepala sekaligus memberi nutrisi. Minimal dilakukan 2 kali dalam seminggu, namun jika setelah melakukan aktifitas lebih banyak mengeluarkan keringat maka frekuensi keramas bisa ditambah. Semakin banyak mengeluarkan keringat dapat menyebabkan kulit kepala semakin berminyak dan gatal, sehingga kita sering menggaruk-garuk dan menambah stres pada kulit kepala. Padahal menggaruk tidak hanya dapat melukai kulit kepala tetapi juga dapat merusak rambut. Fungsi dari melakukan keramas secara rutin selain membersihkan kotoran dan debu, tetapi juga terhindar dari berbagai masalah kulit, karena dapat mengurangi penyumbatan pada pori-pori kulit.

Tips perawatan kesehatan kepala yang kedua yaitu pemijatan kulit kepala. Pemijatan kulit kepala bisa dilakukan pada saat keramas. Pemijatan kulit kepala berfungsi untuk memperlancar aliran darah ke kulit kepala. Selain itu, pemijatan kulit kepala ini juga berfungsi untuk membersihkan seluruh pori-pori yang ada di dalam kulit yang tersumbat sehingga minyak alami kulit bisa dilepas secara normal.

Tips perawatan kesehatan kepala yang ketiga yaitu rutin mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B, seperti jelly, susu, hati, kedelai, dan telur. Vitamin B yang dikonsumsi dapat membantu memecah protein dan karbohidrat yang dapat memungkinkan untuk membantu proses penyembuhan pada area kepala yang terdapat ketombe. Selain itu, tips yang lainnya yaitu olah raga secara teratur, karena kegiatan berolah raga berfungsi untuk membakar lemak yang ada didalam tubuh kita. Lemak yang berlebih ini dapat menimbulkan permukaan kulit mengeluarkan minyak. Jadi berolah raga selain menyehatkan tubuh juga dapat mencegah minyak berlebih pada kulit kepala. Olah raga santai yang bisa dilakukan, seperti jogging di pagi hari.
Menyisir menggunakan sikat rambut yang terbuat dari bulu lembut juga merupakan tips yang sangat mudah untuk dilakukan. Jika memiliki rambut keriting, maka harus menggunakan sisir bergigi lebar dan jika memiliki rambut yang panjang dan lurus, maka harus menggunakan sisir bergigi halus. Menyisir rambut sebanyak dua kali dalam sehari ini dapat meningkatkan aliran darah di dalam kulit kepala, sehingga kesehatan rambut dan kulit kepala tetap terjaga. Demikian artikel tips perawatan kesehatan kepala secara alami dan tentu tidak menimbulkan efek negatif bagi kesehatan. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.

1 comment for "Tips Perawatan Kesehatan Kepala"

  1. Semoga Artikel yang berisi Tentang Informasi Tips Perawatan Kesehatan Kepala ini dapat bermanfaat.

    ReplyDelete