Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Perawatan Kesehatan Telinga

Tips Perawatan Kesehatan Telinga - Yang perlu kita ketahui, bahwa pentingnya perawatan kesehatan telinga. Telinga merupakan salah satu dari lima panca indera yang dimiliki manusia. Sebagai panca indera telinga berfungsi sebagai alat pendengar. Bahkan selain sebagai alat mendengar, telinga pun membantu keseimbangan tubuh.

Tips Perawatan Kesehatan Telinga

Oleh sebab itu, merawat kesehatan telingan sangat penting. Namun, kebanyakan masyarakat kurang memperhatikan hal ini. Akibatnya gangguan-gangguan pada telinga pun sering terjadi akibat kurangnya kesadaran untuk merawat kesehatan telinga. Jika telinga masih dalam keadaan baik, maka dapat melakukan perawatan kesehatan telinga dirumah saja, namun jika terdapat gangguan, meskipun hanya gangguan kecil, segera datang ke Dokter. Berikut tips perawatan kesehatan telinga yang bisa dilakukan :

1. Bersihkan secara teratur

Gangguan telinga secara umum banyak disebabkan kotoran atau benda asing yang berada di dalam telinga. Secara alami sebenarnya telinga mengeluarkan cairan minyak serumen sebagai antibakteri dan penghalang kotoran, namun karena aktifitas luar ruangan jumlah kotoran dan benda asing yang masuk akan semakin banyak. Oleh sebab itu sangat penting untuk membersihkan telinga secara teratur.

Membersihkan bagian dalam telinga banyak disarankan dokter ahli tidak menggunakan cottonbud karena justru akan mendorong kotoran masuk ke dalam. Cottonbud digunakan hanya untuk membersihkan daerah daun telinga. Alat pembersih telinga yang aman dapat dibeli di apotik. Baca cara penggunaannya dengan benar.

2. Hindari polusi suara

Jangan terlalu sering berada ditempat yang mengeluakan suara dalam waktu yang panjang. Terlalu lama di tempat dengan intensitas suara yang tinggi akan merusak telinga bagian dalam. Selain itu sebaiknya tidak menggunakan headset. Suara yang dihasilkan dari penggunaan headset seluruhnya langsung menuju bagian dalam telinga, pada kasus kecil kemampuan pendengar akan berkurang dari batas normal, untuk kasus yang lebih parah akan membuat gendang telinga pecah.

3. Konsumsi makanan yang baik bagi telinga

Perawatan dari dalam tubuh juga dapat dilakukan dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang dapat menunjang kesehatan telinga. Makanan yang tinggi seng dan asam folat seperti pada buah, sayur, dan kacang-kacangan sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan telinga.

4. Melakukan persiapan sebelum beraktifitas yang membahayakan telinga

Aktifitas seperti berenang apalagi di kolam buatan yang mengandung bahan-bahan kimia untuk menjernihkan air, telinga sangat rentan kemasukan air dan kuman karena kolam digunakan oleh banyak orang. Ketahuilah cara mengeluarkan air yang benar. Selama ini banyak yang melakukan dengan memasukkan air ke dalam telinga, berharap air dapat keluar. Namun cara ini sering kali justru akan membuat semakin parah. Mengeluarkan air dari telinga untuk kasus kecil bisa menggunakan bahan yang lembut seperti tisu, kemudian buatlah ujung yang kecil dan di letakkan di depan lubang telinga sehingga air dapat terserap. 

Untuk yang suka bepergian dengan menggunakan pesawat atau menuju ke dataran tinggi, telinga sebagai alat keseimbangan akan berdengung karena perbedaan tekana udara disekitar telinga. Hal ini dapat diatasi dengan membuka mulut untuk menyeimbangkan tekanan pada telinga.

Selain beberapa tips perawatan kesehatan telinga diatas, jika terdapat gangguan yang cukup parah, segeralah berkonsultasi dengan dokter THT untuk mendapatkan perawatan secara medis yang tepat. Faktor stress juga akan mempengaruhi kesehatan telinga yang sensitif terhadap stress dan mengakibatkan beberapa penyakit, salah satunya vertigo. Vertigo adalah kondisi pusing disertai rasa ruangan sekitar yang berputar-putar. Sebelum terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan pada telinga, ada baiknya mencegah nya dengan rutin memperhatikan kebersihan telinga dan menghindari hal-hal yang berpotensi merusak telinga.

1 comment for "Tips Perawatan Kesehatan Telinga"

  1. Semoga Artikel yang berisi Tentang Informasi Tips Perawatan Kesehatan Telinga ini dapat bermanfaat.

    ReplyDelete