Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Perawatan Kesehatan Gigi

Tips Perawatan Kesehatan Gigi - Pernah membayangkan tips perawatan kesehatan gigi dengan mudah? Gigi merupakan salah satu bagian tubuh yang penting dan harus dirawat. Gigi berfungsi untuk menghaluskan makanan sehingga nantinya bisa dicerna oleh lambung dengan mudah. 

Gigi merupakan bagian tubuh yang menjadi pandangan atau sorotan pertama penilaian seseorang dan menjadi penunjang dalam berpenampilan kita. Oleh karena itu menjaga kesehatan gigi sangat penting untuk diperhatikan setiap hari. Berikut ini akan dijelaskan mengenai beberapa tips perawatan kesehatan gigi.

Tips Perawatan Kesehatan Gigi Dengan Mudah

Dari kecil kita sudah diajarkan bagaimana merawat gigi dengan mudah yaitu dengan menyikat gigi secara rutin 2 kali dalam sehari, pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur. Sudah sering menyikat gigi dengan teratur namun masih menemukan masalah? Hal ini dimungkinkan dalam menyikat gigi kurang tepat atau kurang bersih maksimal.

Mengingat waktu kecil dulu kita sering makan permen ataupun makan yang manis-manis yang bisa menimbulkan gigi keropos, plak, dan karang gigi. Gula termasuk zat yang seringkali melekat pada gigi dan gusi jika tidak segera dibersihkan akan membuat gigi terasa nyeri. Oleh karena itu, pada saat kita masih kecil orang tua selalu mengingatkan kita untuk menyikat gigi setelah makan-makanan manis.

Selain itu, menggosok gigi itu perlu agar bau mulut kita tetap sedap. Jika bau mulut tidak sedap kita merasa kurang percaya diri jika berbicara dengan orang lain karena bisa menganggu orang disekitar kita. 

Ini merupakan salah satu tips perawatan kesehatan gigi yang paling mudah dengan rajin menggosok gigi.  Berikut ini akan Tips Perawatan Kesehatan jelaskan beberapa tips lain untuk menjaga kesehatan gigi agar semakin terjaga dan membiasakan hidup bersih.

1. Flossing 

Flossing dilakukan untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang terselip diantara gigi dan gusi. Cara flossing, kamu membutuhkan benang khusus yang disebut dental floss. Dengan cara pegang dental floss dengan kedua tangan, lalu posisikan di salah satu sela-sela gigi. Gerakkan benang ke bawah dan ke atas dengan perlahan. Lakukan flossing untuk seluruh sela-sela gigi, karena sisa makanan yang sulit dijangkau dengan sikat gigi bisa dibersihkan dengan cara flossing. 

2. Menjaga kebersihan sikat gigi 

Menjaga kebersihan sikat gigi juga sangatlah penting. Hal ini dapat dilakukan dengan menganti sikat gigi minimal 2 bulan sekali dan jauhkan sikat gigi dengan toilet. 

3. Menghindari konsumsi kopi, teh, dan alkohol berlebihan

Mengkonsumsi kopi, teh, dan alkohol bukanlah suatu larangan yang keras untuk tidak harus mengkonsumsinya. Namun alangkah baiknya jika mengurangi konsumsi minuman tersebut agar menjaga kesehatan gigi. Makanya, mulai dari sekarang yang ingin giginya tetap sehat dalam waktu lama, yaitu dengan menghindari konsumsi minuman tersebut secara berlebihan. 

4. Menghindari merokok 

Apakah kamu tahu efek kesehatan gigi jika seseorang sering merokok? Seseorang yang sering merokok akan mempengaruhi kesehatan giginya dimana giginya akan tampak kecoklatan dan bau mulutnya tidak sedap. Oleh karena itu bagi yang masih merokok, kurangi kegiatan merokok anda agar gigi tetap sehat dan putih cemerlang. 

5. Memperbanyak konsumsi kalsium 

Sesering mungkin mengkonsumsi susu, yoghurt, dan keju, termasuk sumber makanan yang tinggi kandungan kalsiumnya. Jadi, kamu sebaiknya lebih banyak mengonsumsi jenis makanan seperti ini, supaya bisa membantu merawat gigi tetap sehat.

6. Mengkonsumsi buah dan sayur 

Manfaat sayur dan buah bagi kesehatan gigi tentunya sangat besar. Sesering mungkin mengkonsumsi sayur dan buah dapat membantu gigi menjadi sehat dari dalam. Ketika mengkonsumsi secara rutin, maka akan terhidar dari yang namanya gigi keropos, bau mulut, dan resiko penyakit gigi dan mulut lainnya. 

7. Air lemon 

Sebagian besar orang tidak tahu bahwa khasiat dari air lemon. Air lemon mengandung asam sitrat yang mampu membuat gigi tampak lebih putih berkilau dan bau mulut menjadi sedap. Untuk mendapatkan khasiatnya, rajinlah menyikat gigi menggunakan air lemon yang dicampur dengan garam secukupnya.

Dari beberapa tips perawatan kesehatan gigi tersebut lakukan yang menurut anda mudah. Menjaga kesehatan gigi ternyata dapat dimulai dengan melakukan beberapa kebiasaan kecil ini. Jangan pernah malas untuk melaksanakannya, hal ini bertujuan untuk menjaga kesehatan gigi kamu dan agar tetap terlihat pede dihadapan orang-orang jika gigi kamu tetap bersih, harum, dan putih tanpa harus melakukan perawatan yang mahal. Yang murah aja bisa membuktikan kesehatan gigi. Kenapa pilih yang mahal ? 

Terus ikuti dan baca tips perawatan kesehatan agar kamu bisa mendapatkan informasi tentang kesehatan. Apabila masih ada yang kurang tentang informasi ini lakukan hal-hal selanjutnya yang menurutmu bisa membantu menjaga kesehatan gigi. Cukup sekian info yang saya berikan. Terimakasih telah membaca, dan semoga bermanfaat.

1 comment for "Tips Perawatan Kesehatan Gigi"

  1. Semoga Artikel yang berisi Tentang Informasi Tips Perawatan Kesehatan Gigi ini dapat bermanfaat.

    ReplyDelete